Pulau Lombok

0 Komentar

Pulau Lombok - Pulau Lombok merupakan pulau kecil nan indah yang terletak di daerah Nusa Tenggara, tepatnya di sebelah timur pulau dewata, Bali dan di sebelah barat pulau Sumbawa. Di sebelah barat, pulau Lombok berbatasan dengan Selat Bali dan di sebelah timur berbatasan dengan selat Alas. Meskipun berukuran kecil, Pulau Lombok mempunyai banyak tempat yang unik dan indah yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari luar dan dalam negeri.

Pada awalnya Pulau Lombok terbagi atas 3 kabupaten dan 1 kota madya, yaitu kabupaten Lombok Timur yang beribu kota di kota Selong, kabupaten Lombok Tengah  yang beribu kota di kota Praya, kabupaten Lombok barat yang beribu kota di Mataram dan Kota Madya (Kodya) Mataram. Namun beberapa tahun yang lalu sekitar tahun 2010 dibentuk 1 kabupaten baru, yaitu Kabupaten Lombok Utara. Selain menjadi kota madya, kota Mataram merupakan ibu kota dari Provinsi Nusa Tenggara Barat.

pulau lombok

Penduduk Pulau Lombok

Tercatat pada tahun 2001, jumlah penduduk yang tinggal di Pulau Lombok berjumlah 2.722.123 orang. Itu sudah termasuk orang asli Lombok dan orang dari pulau lain yang memang sengaja bermigrasi ke Pulau Lombok. Penduduk Pulau Lombok 80% merupakan suku Sasak. Suku Sasak merupakan suku asli masyarakat di Lombok. Berdasarkan sejarah, dikatakan bahwa Suku Sasak mempunyai iktan yang erat dengan Suku Bali.

Bahasa Masyarakat Lombok

Selain menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasioanal, masyarakat lombok juga menggunakan bahasa sasak dalam berkomunikasi sehari-hari. Secara garis besar, bahasa sasak dibagi menjadi 2, yaitu bahasa sasak halus dan bahasa sasak biasa.

Bahasa sasak halus biasanya digunakan oleh masyarakat pada daerah yang kebudayaannya masih kental. Bahasa sasak halus ini merupakan bahasa yang digunakan oleh nenek moyang dari suku sasak zaman dahulu, sehingga jika digunakan pada zaman sekarang, mungkin ada sebagian besar masyarakat tidak mengerti dengan bahasa sasak halus ini.

Sedangkan bahasa sasak biasa merupakan bahasa keseharian hampir sebagian besar wilayah di Lombok. Bahasa ini bisa dibilang sudah berakulturasi dengan bahasa Indonesia dan bahasa lain yang ada di Indonesia, sehingga banyak kosak kata yang hampir mirip dengan bahasa-bahasa lain, misalnya kata "taoq" yang berarti mengetahui atau "tau", selain itu juga ada kata "ite" yang sama berarti "kita" dalam bahasa Indonesia.

Pariwisata di Pulau Lombok

Seperti yang penulis paparkan di atas, bahwa pulau Lombok memiliki banyak keindahan alam. Mulai dari gunung, gili, pantai, air terjun dan tempat wisata lain yang tidak kalah indahnya. Karena di pulau Lombok terdapat banyak sekali keindahan alam, maka sebuah stasiun TV memasukkan pulau Lombok sebagai salah satu tempat yang disebut sebagai Hidden Paradise. Disebut sebagai Hidden Paradise karena memang masih terdapat keindahan alam yang indah yang bisa ditemukan di pulau Lombok namun tidak akan bisa ditemukan di tempat lain dan keindahan tersebut tidak banyak orang yang tau karena belum terpublikasikan secara jelas.

Agama Yang Dianut Masyarakat Lombok

Mayoritas agama yang dianut oleh masyarakat di pulau Lombok adalah agama islam, oleh karena itu Pulau Lombok juga disebut sebagai Pulau Seribu Masjid. Karena banyak sekali masjid di pulau ini, dan jarak antar masjid yang satu dengan masjid yang lain tidak jauh. Terkadang bisa saja sebuah perkampungan kecil tapi memiliki lebih dari satu masjid, jadi bisa dibayangkan berapa banyak masjid yang sudah berdiri sekarang di pulau Lombok.

Selain agama islam, terdapat juga penganut agama lain seperti Hindu, Kristen, dan Budha. Walaupun banyak memiliki penduduk dengan penganut agama yang berbeda, semua masyarakat tetap hidup rukun, saling menghargai antara umat agam yang satu dengan yang lain dan menjunjung tinggi rasa kebhinekaan.

Transportasi ke Pulau Lombok

Untuk dapat sampai di Pulau Lombok, kita bisa menggunakan transportasi laut maupun udara. Jika kita menggunakan jalur udara, maka kita akan mendarat di BIL (Bandara Internasional Lombok) atau LIA (Lombok International Airport) kalau kata orang bule. BIL merupakan bandara internasional yang terletak di daerah Tanaq Awu - Praya - Lombok Tengah. Bandara ini merupakan pengganti bandara Selaparang yang dulu terletak di wilayah Mataram - Lombok Barat. Jika melalui jalur laut, maka kita bisa melalui pelabuhan Lembar (jalur barat) dan bisa juga melalui pelabuhan Kayangan (jalur timur). Tetapi kebanyakan wisatawan melalui jalur barat.

Mungkin hanya itu sekilas tentang pulau Lombok. Sebenarnya masih banyak keindahan dan keunikan yang dimiliki pulau Lombok selain dari yang penulis paparkan di atas. Jika Anda penasaran, kenapa tidak pergi ke Lombok aja langsung :) . Agar Anda dapat menyaksikan merasakan langsung keindahan dan keunikan pulau Lombok. Tampiasih wah bace artikel niki leq blog Lombokite (Terima kasih sudah membaca artikel ini di blog Lombokite).

No comments :

Tempat Wisata

Tempat Penginapan

Copyright © 2014 LOMBOKITE.COM
Tempat Wisata di Lombok | Hotel di Lombok | Kuliner Khas Lombok
Powered by Blogger