Temerodok Jajan Khas Lombok Timur

0 Komentar

Temerodok Jajan Khas Lombok Timur - Dari sekian banyak jajanan khas yang kita bisa temukan di pulau Lombok, Temerodok adalah jajan khas Lombok yang perlu Anda coba ketika nanti Anda berkunjung ke pulau Lombok. Resep jajan temerodok pertama kali ditemukan oleh seorang wanita sasak berasal dari daerah Sakra - Kabupaten Lombok Timur. Menurut orang-orang tua dulu, jajan tersebut dinamakan jajan Temerodok karena bentuk fisik dari jajan Temerodok ini menyerupai jakun yang dimiliki oleh pria dewasa. Jakun dalam bahasa Sakra yaitu Temerokok,  akhirnya munculah kata Temerodok.

Selain bentuk fisiknya yang unik, cara pembuatan jajan Temerodok pun sangat unik karena pembuatannya masih menggunakan cara pembuatan tradisional. Hanya dengan kedua jempol tangan, kita bisa membentuk bentuk fisik dari jajan Temerodok. Meskipun dibuat hanya menggunakan dua jempol, tapi butuh keahlian khusus untuk dapat membuat bentuk fisik jajan Temerodok yang bagus. Cara tradisional ini masih dipertahankan dari zaman ke zaman, sehingga keaslian dan cita rasa dari jajan Temerodok pun dari zaman ke zaman masih tetap terjaga. Kalaupun ada perbedaan rasa, mungkin hanya sedikitlah, tidak terlalu melenceng dengan rasa khas jajan Temerodok aslinya.

Bahan dasar pembuatan jajan Temerodok adalah tepung ketan yang dicampur dengan telur. Langkah awalnya yaitu mencampurkan tepung ketan dengan telur. Tepung dan telur tadi diolah sehingga menjadi adonan yang lembut. Setelah menjadi adonan lembut, adonan tersebut sudah bisa dibentuk menjadi Temerodok. Setelah adonan dibentuk menjadi temerodok, tinggal digoreng saja. Katanya cara penggorengannya harus selalu dibolak balik sampai warnanya menjadi keemasan. Setelah proses penggorengan, tahap selanjutnya adalah tahap pemberian gula sebagai pemanis. Gula yang telah disediakan dilarutkan ke dalam sebuah wadah, kemudin jajan Temerodok yang sudah digoreng direndam sehingga semua bagian kena secara merata. Setelah itu, angkat temerodok dan dinginkan. Setelah jajan Temerodok dingin, jajan Temerodok sudah bisa dinikmati.

Jajan Temerodok
Jajan Temerodok Dalam Kemasan [Foto oleh : Adri Kreatif]

Untuk diperhatikan bahwa, walaupun jajan temerodok merupakan jajan khas asli Lombok Timur, kita bisa menemukan jajan Temerodok ini di tempat lain di Pulau Lombok, misalnya di Lombok Barat, Lombok Tengah, Kodya Mataram, bahkan di Pulau Sumbawa mungkin juga sudah bisa kita jumpai jajan Temerodok ini.

Mungkin hanya sekian informasi pada kesempatan kali ini. Penulis ucapkan terima kasih telah menyempatkan diri membaca artikel yang berjudul Temerodok Jajan Khas Lombok Timur di blog Lombokite. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

No comments :

Tempat Wisata

Tempat Penginapan

Copyright © 2014 LOMBOKITE.COM
Tempat Wisata di Lombok | Hotel di Lombok | Kuliner Khas Lombok
Powered by Blogger