Keindahan Gunung Rinjani Lombok

0 Komentar

Keindahan Gunung Rinjani Lombok - Pulau Lombok, pulau kecil nan indah, kaya akan akan budaya dan tempat wisata. Baik itu wisata pantai maupun wisata gunungnya. Gunung Rinjani menghiasi hampir sebagian besar wilayah Lombok bagian utara. Gunung Rinjani merupakan gunung yang paling terkenal di pulau Lombok. Bagaimana tidak, alamnya yang masih sangat asli, pemandangannya ditambah lagi dengan keindahan danau segara anak yang ada di tengah-tengahnya akan semakin menambah keindahan gunung yang terkenal indah dan keramat ini.

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi kedua terbesar di Indonesia yang sampai sekarang masih aktif. Berdasarkan garis lintang, gunung Rinjani terletak pada 8º25' LS dan 116º28' BT dengan ketinggian sekitar 7262 meter di atas permukaan laut. Selain itu juga, gunung Rinjani merupakan bagian dari taman wisata Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar  41300 ha.

SejarahGunung Rinjani

Gunung Rinjani menurut sejarah Lombok dan penuturan para nenek moyang suku sasak dulu mengatakan bahwa Gunung Rinjani merupakan istana dari Dewi Anjani. Seorang Dewi penunggu Gunung Rinjani. Oleh karena itu biasanya semua pendaki harus selalu menjaga ucapannya saat melakukan pendakian, baik itu dari perkataan yang kotor, mengolok orang atau makhluk lain dan berbicara kotor. Dan dilarang untuk berkata yang sifatnya terlalu membangga-banggakan diri sendiri. Hal ini salah satu bentuk penghormatan kepada Dewi Anjani sebagai penunggu gunung Rinjani. Selain itu beberapa orang berpendapat bahwa gunung Rinjani sering menjadi tempat berkumpulnya para wali-wali.

Gunung rinjani
Gunung Rinjani [Foto oleh : Space X Nature]

Rinjani Trekking

Karena gunung Rinjani merupakan gunung berapi terbesar kedua di Indonesia, sudah sewajarnya bagi para pendaki untuk ingin menaklukkan puncak gunung Rinjani. Oleh karena pada saat bulan Juni sampai Agustus, banyak para wisatawan lokal ataupun luar negeri yang berbondong-bondong mendaki ke gunung Rinjani. Salah satu daya tarik dari gunung Rinjani adalah Danau Segara Anaknya. Sebuah danau yang terletak di atas gunung Rinjani kira-kira pada ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Bagi para pendaki yang barangkali sudah kelelahan mendaki, danau segara anak bisa menjadi tempat yang sangat cocok untuk beristirahat sambil memancing dan menikmati pemandangan alam yang sangat indah.

Danau segara anak
Danau segara anak [Foto oleh : Goes Holiday]

Banyak pilihan rute pendakitan yang bisa menjadi alternatif pilihan Anda ketika Anda ingin mendakit ke gunung Rinjani. Tapi bagi Anda yang pemula atau baru pertama kali mendaki ke Rinjani, dianjurkan untuk melewati jalur Sembalun yang nantinya akan berakhir di Senaru. Jalur ini dianggap lebih aman karena medan yang dilewati lumayan datar tapi dengan cuaca yang lebih panas. Karena jika Anda melalui jalur ini, maka Anda akan melewati padang savana yang sangat terik saat siang hari, oleh karena itu sangat dianjurkan untuk menggunakan sun block untuk menghindari kulit Anda terbakar akibat sinar matahari yang terlalu terik.

Dan untuk mencapai puncak Rinjani sendiri Anda harus melewati dinding setinggi 700 meter dan kemudian mendakit gunung lagi kira-kira setinggi 1000 meter. Dari penuturan orang-orang yang biasa mendakit ke puncak Rinjani, membutuhkan waktu sekitar 7 jam dari danau segara anak. Anda bisa memilih waktu yang tepat untuk sampai dipuncak Rinjani sehingga Anda dapat menikmati indahnya matahari terbit dan pemandangan alam lain yang sangat indah dari atas puncak gunung Rinjani. Untuk masalah waktu atau lama pendakian, nanti Anda bisa tanyakan pada guide yang ada di sana, biasanya mereka lebih tau persis berapa lama yang dibutuhkan.

Mungkin hanya sekian dari penulis, semoga bermanfaat bagi kita semua dan khususnya Anda yang mungkin berencana mau pergi mendakit ke gunung Rinjani. Terima kasih telah membaca artikel kami di blog Lombokite.

No comments :

Tempat Wisata

Tempat Penginapan

Copyright © 2014 LOMBOKITE.COM
Tempat Wisata di Lombok | Hotel di Lombok | Kuliner Khas Lombok
Powered by Blogger