Taman Narmada Lombok

0 Komentar

Taman Narmada - Taman Narmada terletak terletak di Desa Lembuak Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat dengan luas total area sekitar 2 hektar. Tidak seperti tempat wisata atau tempat bersejarah yang lain yang terletak di area pedalaman, Taman Narmada terletak persis di pinggir jalan raya besar dan tepat di seberang jalan pasar Narmada yang lama. Menurut masyarakat setempat, Taman Narmada memiliki dua fungsi secara umum, yaitu sebagai tempat wisata karena terdapat wahana seperti kolam renang dan wahana laiinnya. Selain sebagai tempat wisata lokal, Taman Narmada juga sebagai tempat perayaan upacara pakelem pada bulan purnama kelima tahun Caka.

Menurut sejarah, Taman Narmada dibangun pada tahun 1727 oleh Raja Mataram Lombok yang bernama Anak Agung Ngurah Karang Asem. Taman Narmada dibangun sebagai miniatur dari Gunung Rinjani, yaitu Gunung di mana Anak Agung Ngurah Karang Asem melakukan upacara Pakelem. Dibuatnya Taman Narmada sebagai miniatur gunung Rinjani karena pada waktu itu Anak Agung Ngurah Karang Asem sudah tidak sanggup lagi naik ke gunung Rinjani, mungkin karena usianya yang sudah mulai menua. Oleh karena kita bisa lihat bahwa arsitektur Taman Narmada seperti taman yang bertingkat-tingkat seperti replika sebuah gunung. Tapi sayangnya Taman Narmada yang sekarang ini bukanlah bentuk aslinya, melainkan hasil pemugaran yang dilakukan karena memang banyak bagian taman yang sudah mulai rusak.

Taman Narmada Lombok
[Foto oleh : Pandu Wisata]

Berikut adalah bagian-bagian Taman Narmada yang biasa banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun luar negeri yang berkunjung ke Taman Narmada :
  • Gerbang utama (berada di bagian utara)
  • Jabalkap (terdapat Telaga Kembar, Gapura Gelang atau di dalamnya)
  • Mukedes (terdapat bangunan yang bernama Sanggah Pura)
  • Pasarean (terdapat Telaga Padmawangi dan Balai Loji, Balai Terang)
  • Petandan (terdapat halaman Petandaan)
  • Balai Petirtaan (pertemuan 3 sumber mata air. Sumber mata air yang terdapat di dalamnya katanya berasal langsung dari Gunung Rinjani dan biasa disebut dengan mata air Awet Muda).
Untuk mengunjungi Taman Narmada tidak perlu mengeluarakan dana banyak seperti halnya Anda belanjan di mall-mall besar. Jadi jangan khawatir masalah budget yang Anda akan habiskan selama berkunjung ke Taman Narmada.

Selain menjadi tempat yang penuh akan nilai sejarah pulau Lombok zaman dahulu, Taman Narmada juga biasa menjadi destinasi liburan anak-anak sekolahan yang sedang menikmati libur panjang. Yang disukai oleh sebagian besar anak sekolahan di sana yaitu tempat pemandiannya dan kuliner Sate Bulayak yang banyak dijual di dalam area Taman Narmada.

Mungkin sekian sedikit pembahasan kali ini tentang Taman Narmada. Terima kasih sudah membaca di blog Lombokite. Semoga artikelnya bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua.

No comments :

Tempat Wisata

Tempat Penginapan

Copyright © 2014 LOMBOKITE.COM
Tempat Wisata di Lombok | Hotel di Lombok | Kuliner Khas Lombok
Powered by Blogger