Plecing Kangkung Khas Lombok

0 Komentar

Plecing Kangkung Khas Lombok - Dari beberapa kuliner khas yang sudah dibahas di blog Lombokite ini, mungkin Plecing Kangkung Khas Lombok ini lah kuliner khas lombok yang paling banyak ditau oleh masyarakat Indonesia. Plecing kangkung khas lombok yang terbuat dari bahan dasar kangkung ini merupakan kuliner khas lombok yang wajib Anda cicipi. Jika Anda makan plecing kangkungnya langsung di pulau Lombok, penulis sarankan untuk menyediakan air minum ukuran tanggung atau besar. Karena air minum tersebut nantinya akan menjadi senjata Anda untuk melawan rasa pedas dari plecing kangkung khas lombok ini.

Plecing Kangkung Khas Lombok
[Foto oleh : Asia Wisata]

Seiring berkembangnya zaman, kini plecing kangkung sudah bisa kita temukan di banyak tempat, tak terkecuali kota-kota besar di Jawa yang salah satunya adalah tempat penulis saat ini berdomisili, yaitu kota Yogyakarta. Pada awalnya penulis juga tidak percaya kalau ada yang jualan plecing kangkung di kota Gudeg ini. Salah satu tempat makan yang pernah penulis coba yaitu di pasar minggu Sunmor (Sunday Morning) di kawasan UGM. Walaupun yang jualan juga orang Lombok, tapi rasanya tidak sama seperti ketika penulis makan plecing di kampung  (Lombok).

Ada beberapa faktor yang menurut penulis dapat membuat cita rasa plecing khas Lombok memiliki cita rasa yang berbeda.  Dan berikut adalah 2 faktor yang biasa penulis temukan :

Yang pertama adalah bahan dasar pembuatan plecing tersebut, yaitu kangkungnya. Bukan maksud membeda-bedakan, tapi memang kangkung yang penulis makan di Lombok dengan kangkung yang penulis makan di Jawa agak terasa sedikit berbeda. Perbedaan yang kentara yaitu jika kangkung yang berasal dari Lombok ketika dimakan akan terasa empuk, tapi kangkung yang berasal dari luar lombok ketika dimakan rasanya malah agak sedikit crispy. Perbedaan ini katanya karena cara penanaman kangkung itu sendiri. Di Jawa katanya kangkungnya di tanam di atas tanah, sedangkan di Lombok kangkung di tanam di atas air. 

Faktor yang lain yaitu komposisi bumbu yang digunakan untuk membuat plecing. Tapi hal ini biasanya tergantung selera mulut. Jika Anda tipe orang pecinta makan pedas, mungkin Anda bisa tambahkan beberapa cabai. Dan bagi Anda yang tidak tahan dengan makanan yang terlalu pedas mungkin Anda bisa tambahkan sedikit gula untuk meredam rasa pedasnya.

Ada satu hal yang penulis ingin katakan jika suatu Anda makan plecing kangkung khas lombok. Jangan diamkan plecing kangkungnya terlalu lama. Jika sudah disajikan, segera makan dan habiskan. Karena biasanya semakin lama plecing kangkung dibiarkan rasanya tidak akan seenak ketika baru jadi.

Terima kasih telah mampir baca artikel di blog Lombokite. semoga bermanfaat untuk menambah wawasan kita semua. Share, like atau +1 jika artikel ini bermanfaaat untuk Anda.

No comments :

Tempat Wisata

Tempat Penginapan

Copyright © 2014 LOMBOKITE.COM
Tempat Wisata di Lombok | Hotel di Lombok | Kuliner Khas Lombok
Powered by Blogger