Islam Wetu Telu di Pulau Lombok

0 Komentar

Islam Wetu Telu di Pulau Lombok - Islam Wetu Telu merupakan praktek kepercayaan di Pulau Lombok yang hampir mirip dengan praktek kepercayaan agama islam pada umunya. Dari segi bahasa, nama islam Wetu Telu terdiri dari 2 kata yaitu kata "Wetu" yang berarti "Waktu" dan kata "Telu" yang berarti "Tiga". Namun sampai sekarang belum ada fakta yang jelas mengapa kepercayaan ini dinamakan islam Wetu Telu. Tetapi sebagian besar orang yang tau banyak tentang sejarah mengatakan bahwa, kepercayaan islam Wetu Telu ini terbentuk ketika para wali yang sebelumnya berada di Lombok saat itu meninggalkan pulau Lombok, padahal ajaran islam yang disampaikan kepada masyarakat belum lengkap. Penganut islam Wetu Telu di Pulau Lombok saat ini sangatlah sedikit, mungkin hanya sekitar 0,5% - 1% dari penduduk keseluruhan.

Jika Anda ingin melihat sisa-sisa dari kepercayaan islam Wetu Telu, Anda bisa mengunjungi daerah Bayan - Kabupaten Lombok Utara. Di sana Anda dapat merasakan kebudayaan nenek moyang masyarakat  Lombok yang masih kental. Dan yang paling terkenal di daerah tersebut adalah sebuah bangunan masjid kuno yang disebut sebagai "Masjid Bayan Beleq" atau "Masjid Bayan Besar". Masjid ini merupakan masjid tertua di Lombok saat ini. Karena bisa dilihat dari arsitektur bangunannya yang rendah, atap menggunakan jerami, persis seperti arsitektur bangunan zaman nenek moyang suku sasak.

Masjid Bayan Beleq
 Masjid Bayan Beleq [Gambar oleh : Merdeka]

Islam Wetu Telu tercatat sebagai sebuah budaya sosial yang unik di dalam sejarah pulau Lombok. Dikatakan unik karena dalam prakteknya, islam watu telu ini hampir mirip seperti halnya praktek ajaran agama islam pada umumnya. Salah satu contoh adalah pada Syahadat. Jika Syahadat yang sering dilafalkan oleh penganut agama islam biasanya hanya terdiri dari huruf-huruf Arab, namun dalam kepercayaan islam Wetu Telu, Syahadat yang dilafalkan, terdapat beberapa kosak kata Jawa Kuno, yang menandakan akulturasi yang masih sangat kental antara kebudayaan islam dan kebudayaan Jawa.

Hal unik lainnya dalam kepercayaan islam Wetu Telu adalah sesuatu yang berkaitan dengan peribadatan. Jika dalam ajaran islam, semua umat yang beragama islam wajib beribadah kepada Tuhan, tapi pada kepercayaan islam Wetu Telu, peribadatan cukup dilakukan oleh para petinggi adat mereka. Jadi setiap umat islam Wetu Telu tidak wajib beribadah, cukup diwakilkan oleh para pemangku adat di daerah mereka.

Mungkin hanya sekian artikel kali ini yang berjudul Islam Wetu Telu di Pulau Lombok. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Dendeq lupaq bace endah artikel saq laen nggih (Jangan lupa baca juga artikel yang lain ya).

No comments :

Tempat Wisata

Tempat Penginapan

Copyright © 2014 LOMBOKITE.COM
Tempat Wisata di Lombok | Hotel di Lombok | Kuliner Khas Lombok
Powered by Blogger